Pages

Follow by Email

RSS

CATATAN HATI SEORANG PROMKES


           Kisah ini bukanlah kisah biasa, kisah ini akan mewakili perasaan, pikiran dan usaha dari seorang pejuang. Pejuang yang biasa dikenal dengan sebutan Promkes, yakni tenaga promosi kesehatan yang melaksanakan 7 UKBM (Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat). Kisah ini ditulis  untuk menjawab rasa penasaran teman-teman sejawat disana yang masih bertempur untuk mendapatkan gelar SKM nya (Sarjana Kesehatan Masyarakat). Baiklah inilah kisahnya, kurang lebih sekitar dua bulan lalu datang sebuah informasi lowongan pekerjaan dari salah satu Puskesmas di Kabupaten Lumajang, dari tiga kali bolak-balik Pasuruan-Lumajang akhirnya sampai juga ucapan, "Selamat bergabung dengan Puskesmas kami" dari bibir manis Kepala Puskesmas Bades ibu Dr.Mudalifah, dan dititik inilah kisah menjadi seorang Promkes yang tangguh dimulai.
        Seminggu pertama memasuki masa orientasi di Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang sungguh mengejutkan rasanya seperti jiwa ini ditarik dalam sebuah acara seremonial kumpul alumni, dari alumni angkatan 2002  FKM UJ hingga 2011 mereka adalah buku berjalan yang siap untuk di kloning ilmu kesehatan masyarakatnya. Seminggu penuh kejutan itupun berlalu saatnya menuju Bades, sebuah desa yang diliputi kabut pagi yang menyejukkan dengan berbagai budaya daerah yang mengesankan untuk dipelajari. Antropologi masyarakat disini adalah Jawa-Madura yang melahirkan akulturasi budaya unik dari keduanya.
       Pekerjaan pertama sebagai Promkes adalah mengikuti Kelas Ibu di Polindes Gondoruso, suasana kelas ibu saat itu sungguh menarik, para ibu hadir bersama dengan balitanya. Materi disampaikan oleh seorang Bidan senior ditemani PPD (Petugas Perawat Desa) dengan mengangkat tema PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) dalam tatanan Rumah Tangga. Peserta sangat antusias dalam pelaksanaanya, dibuktikan dengan adanya diskusi terkait penggunaan jamban sehat di rumah, lucunya masyarakat sekitar mengaku memiliki jamban namun masih BAB di sungai dengan alasan jambannya takut kotor bahkan masyarakat mengunci jambannya agar tidak dimasukki hewan atau binatang liar yang dapat mengotori jamban. Diskusi bersama para ibu pun menyadarkan kita bahwa masyarakat masih perlu diberi pemahaman terkait perilaku BABS (BAB Sembarangan) bukan hanya semata-mata pembuatan jamban sehat untuk dilombakan namun juga manfaat penggunaanya.

         Hari berikutnya perjalanan menuju PUSTU (Puskesmas Pembantu) Dampar, akses menuju PUSTU bisa dibuat dzikir sepanjang jalan :), karena diawali dengan jalanan menanjak yang berbatu serta berliku. Perjalanan menuju Pustu Dampar membuat hati berdetak tak karuan seperti orang sedang jatuh cinta. Setibanya di lokasi Masya Allah hanya bisa berucap syukur, panasnya sampai kepala ini pusing :). Meskipun panas sekali tapi pemandangannya tidak kalah cantik dengan tempat-tempat wisata yang cukup hits di luaran sana. Hanya ada satu tips ketika berkunjung ke Pustu Dampar jangan lupa memakai sunblock ya ^^.
        Menjadi seorang Promkes selain bisa menikmati liburan gratis, makan gratis, transportasi gratis, dan yang gratis-gratis lain ^^,  dituntut juga untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab pekerjaan, yakni 7 UKBM (Poskesdes, Posyandu Balita, Posyandu Lansia, Pos UKK, Posbindu PTM, SBH, Poskestren) ditambah dengan rekapan Buku Anak Terhebat (Terbiasa Hidup Bersih dan Sehat) disertai tugas-tugas tambahan lain dari KAPUS(Kepala Puskesmas) yang haram hukumnya ditolak, kecuali sesuatu yang memang dirasa tidak baik dan benar secara moral dan etika ya ^^.
       Pada akhir bulan di dua minggu bekerja sudah harus menemui tanggal pelaporan UKBM dan profil Promkes disertai rekapan buku Anak Terhebat yang sungguh membuat mata, hati, dan tubuh sulit untuk beristirahat sejenak. Rekapan buku Anak Terhebat ternyata dirasa cukup berat oleh kawan-kawan promkes di Puskesmas lain juga karena terlalu banyak item yang harus kami review. Namun, dalam waktu dekat Dinas Kesehatan berupaya membantu mengatasi hambatan yang di alami para Promkes.
    Ini adalah sebagian kisah dari perjalanan sebagai Promkes, masih banyak cerita seru dan menegangkan ketika berhadapan dengan pejabat desa untuk advokasi kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan kesehatan. Seperti apa ??? sabar ya tunggu kisah ruarrr biasa Promkes lainnya ^^

Salam
Apapun Programnya, Promkes Mitranya

           

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Komunikasi Interpersonal | Health Promotion

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Ante Natal Care (ANC)/Pemeriksaan Kehamilan


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

FKM(Fakultas Kesehatan Masyarakat),What's that???? ಠ_ರೃ

Apa kabar semuanya ???
Sehat....???Semoga para pengunjung selalu di limpahkan kesehatan oleh yang Maha Kuasa ^^
Sebelumnya Salam Sehat dulu ya.....
Nah,di postingan kali ini AWE ingin berbagi pengalaman yang awe rasakan selama menjadi mahasiswi aktif di Fakultas Kesehatan Masyarakat selama kurang lebih 2 tahun ini tepatnya sekarang sudah di semester 4,banyak hal menarik yang awe dapat dari berkuliah di salah satu fakultas dengan segudang plesetan ini,misalnya saja...Fakultas Kebanyakan Masalah(karena yang di urusin banyak dari masalah sehat secara fisik,ekonomi ,sosial,psikis dll yang sesuai dengan deskripsi sehat oleh WHO),Fakultas Kebanyakan Makalah ini sinergi dengan plesetan Fakultas Kelompokkan Melulu(ini berguna dalam melatih kemampuan kami dalam teamwork mengingat target kerja kami adalah kelompok/komunitas,bukan individual seperti tenaga kesehatan lain seperti halnya dokter,perawat dll),,,,
Nah,dari plesetan-plesetan tersebut nampaknya pengunjung blog ini sudah sedikit mencium bau FKM ke arah mana ^^...
Langsung saja kita akan kaji dulu apa itu Ilmu Kesehatan Masyarakat menurut beberapa pendapat


  • Menurut profesor Winslow ilmu kesehatan masyarakat (bahasa Inggrispublic health)  dari Universitas Yale (Leavel and Clark, 1958)  adalah ilmu dan seni mencegah penyakit, memperpanjang hidup, meningkatkan kesehatan fisik dan mental, dan efisien.Pengertian Kesehatan Masyarakat Menurut Winslow (1920)
  •  Kesehatan Masyarakat (Public Health) adalah Ilmu dan Seni : mencegah penyakit, memperpanjang hidup, dan meningkatkan kesehatan, melalui “Usaha-usaha Pengorganisasian masyarakat “  (Notoatmodjo, 2003)

       Dari pengertian di atas sifat seorang lulusan FKM yang nantinya bergelar S.KM(sarjana Kesehatan Masyarakat not sarjana Komputer) sudah jelas terlihat berbeda dengan tenaga kesehatan(NAKES) lain seperti dokter,perawat,dokter gigi dan bidan dimana NAKES tersebut bersifat kuratif/pengobatan sedangkan seorang S,KM bersifat preventif(mencegah),Promotif(Promosi kesehatan),dan rehabilitatif.

Apa saja yang dipelajari di FKM?

  Nah,ini yang lebik unik bin menarik lagi,kebanyakan orang akan bingung dan menganggap anak FKM ini serakah karena masuk "Satu Fakultas Tapi Ilmunya Satu Universitas" ^^...
Nah lohh kok bisa we??? o_0..
Iya donk..berdasarkan deskripsi sehat di WHO saja itu meliputi berbagai aspek yang mana secara tidak langsung menjelaskan bahwa Kesehatan Masyarakat itu multikausal makanya untuk mencernanya butuh ilmu yang multidisplin,yang meliputi 3 kelompok ilmu pengetahuan;Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, dan Ilmu Pengetahuan Budaya atau yang lebih umum disebut adalah Ilmu Pengetahuan Humaniora. 



seperti:
  • Ilmu Alam
    • Biologi
    • Kimia
    • Fisika
    • Matematika
  • Ilmu Sosial
    • Ekonomi
    • Sosiologi
  • Imu Humaniora
    • Filsafat
    • Antropologi
  • Ilmu Kedokteran
  • Farmakos
    Dan itu adalah sebagian kecil yang bisa awe sampaikan,terkait displin ilmu yang menunjang Ilmu Kesehatan Masyarakat.
 Namun secara garis besar, disiplin ilmu yang menopang ilmu kesehatan masyarakat, atau sering disebut sebagai pilar utama Ilmu Kesehatan Masyarakat ini antara lain :
1. Administrasi Kesehatan Masyarakat.
2. Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku.
3. Biostatistik/Statistik Kesehatan.
4. Kesehatan Lingkungan.
5. Gizi Masyarakat.
6. Kesehatan Kerja.
7. Epidemiologi.
Bagaimana Prospek kerja seorang S,KM?

    Untuk prospek kerja sudah jelas seorang lulusan FKM akan dibina untuk mampu beradaptasi di segala keadaan,mengingat sektor kesehatan adalah sektor yang cukup istimewa di masyarakat karena membicarakan mengenai suatu kondisi normal manusia kebanyakan(berhubungan dengan hidup dan mati menurut beberapa sumber ^^)...
Seorang S,KM sejatinya di bina untuk mampu menjadi;

Berikut hal utama yang ingin di bentuk dalam diri seorang S,KM
  • Manajer > Memanajemen suatu perusahaan layanan kesehatan(RS,puskesmas,kepala unit YANKES dll)
  • Health Progammer/Planner >Merencanakan suatu program kesehatan
  • Health Officer>Kegiatan administrasi di pusat YANKES(layanan kesehatan)
  • Networker >Pengembang Jaringan
  • Ahli K3(Keselamatan Kesehatan Kerja) di perusahaan-perusahaan pertamabangan,RS dll
  • Analis Kesehatan Lingkungan
  • Bisa juga masuk di BKKBN,Dinsos dll.
Berikut ini adalah prospek kerja,bonus

  •  Pegawai Bank(tidak sedikit menjadi kepala cabang,lho ^^) 
  • Perusahaan penyedia jasa komunikasi-informasi mengingat kami di bina untuk mampu menjadi public speaker dalam mengorasikan kesehatan pada khalayak.
  • Artist,Lho emang bisa apa???((╬ಠิ﹏ಠิ))
            Tentu bisa,karena tidak jarang tugas yang di kerjakan mahasiswa FKM menuntut nilai seni dan tentunya memprioritaskan health promotion-nya ^^

Sedikit info saja,bukan untuk menyebut kami adalah yang paling unggul kami juga banyak kekurangan,namun berdasarkan data yang di sampaikan oleh Dr.Ridwan Thaha M,S seorang staff pengajar FKM di UNHAS dalam kuliah umum di FKM-Universitas Jember,bahwa banyak mahasiswa beliau mampu bersaing mengalahkan lulusan FE dalam test masuk Bank Nasional dan menjadi seorang Pramugari,,,
Nah,dari sini kita bisa lebih tahu bahwa lulusan seorang FKM bukan hanya mampu berada di sektor kesehatan namun juga multisektor,,,
Jadi prospeknya juga ISTIMEWA..^^,namun hal ini juga didukung dari kemampuan dan minat individu masing-masing :)

Nah,dari penjelasan diatas dapat dismpulkan bahwa seorang lulusan FKM is not the same as Doctor, Dentist,Nurse,
Midwife or Pharmacist
So,sampai disini dulu ya sharing info nya tentang FKM ^^ jangan salah lagi loh ngira FKM belajar apa...^^



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Trashed around us


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Poster ANC(Antenatal Care)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Personal Hyegiene:7 Langkah Cuci Tangan

PENYULUHAN by Ayu Wulandari

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

PANCI CERIA (Pentingnya ANC Ibu Cegah Resiko Komplikasi Kehamilan)

Skrip Panci Ceria

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

EX



         Kali ini mungkin pembaca akan sedikit heran,karena postingan berikut berisi sebuah cerita yang di dalamnya terdapat cinta,permusuhan dan pershabatan.Terkesan  bersebrangan dengan visi utama blog ini,yakni untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.Namun,perlu pembaca ketahui kita juga butuh entertaint (read:hiburan)untuk merelaksasikan pikiran guna menjaga kesehatan psikis dan emosional.
Saya memposting cerita mengenai persahabatan layaknya FTV tentang kehidupan remaja saat ini.Cerita ini berdasarkan pengalaman pribadi dan sebagai rasa syukur saya atas kebahagiaan yang di hasilkan dari perjalanan kisah ini saya ingin membagikan pada pembaca,yang mungkin dapat mengambil hikmahnya.
(*Sekaligus mengisi liburan panjang,corat-coret dulu....)

                                                           Oh ..EX ^_^

     Masa putih  abu - abu adalah masa dimana segala keababilan masih dianggap wajar,dan disinilah kisah itu dimulai.Saat itu juba putih biru yang telah saya tanggalkan berubah menjadi tanggungjawab sebagai pemudi yang lebih besar.Ini adalah masa-masa menambah wawasan,meningkatkan kreatifitas serta menambah pertemanan,begitupulah dengan saya mulai untuk mengenal berbagai karakter teman dan lawan jenis tentunya.Singkat cerita,akhirnya saya masuk dalam suatu kelas yang cukup heterogen dan kurang kondusif,mengingat tujuan awal saya ke sini adalah mencari ilmu,saya rasa wajar untuk mencari kawan yang dapat menjadi rekan belajar.Akhirnya kenala saya dengan sosok putra bernama Bayu yang nantinya jadi sahabat(Oppa) saya,dia adalah sosok yang pemalu tapi dia juga cukup rajin dan tekun karena itulah saya memilih duduk sebangku dengannya sekaligus menjadikannya rekan belajar.Awalnya karena Bayu itu pemalu setiap di ajak berbicara kakinya selalu bergemetaran,atau tangannya memainkan sesuatu dan tidak berani menatap lawan bicaranya,kalau mengingat ekspresinya itu jadi ingin tertawa terbahak-bahak.
    Suatu pagi,seperti biasa saya adalah penunggu kelas(imamnya kelas) ketika itu tim piket belum beraksi dan saya cukup kaget mendapati bangku Saya dan Bayu penuh dengan coretan berisi ungkapan perasaan segerombolan geng putri tentang perasaan salah seorang anggotanya yang nampaknya memendam rasa pada Oppaku ini.Mata saya menelusuri semua coretan itu dan terhenti pada tulisan yang jelas itu adalah nama seorang gadis yakni Titis.
    "Waoo..jadi ini kekasih Bayu yang bikin ulah."Pikirku.
    Dari situlah aku mulai mengenal sosok Titis yang jadi sahabatku(Unni) yang diawali menjadi musuhku..^_^V
  Singkat cerita,kisah berlanjut di awal semester kelas 2 ketika itu lagi-lagi saya sekelas dengan Bayu di 11 IPA 1 atau yang biasa dikenal dengan sebutan Sepatu.com(sebelas ipa satu community) dan Unni duduk dikelas 11 IPA 3.Tanpa ada cerita masa PDKT(read:pendekatan) mereka ternyata sudah jadian tanpa sepengetahuanku (>.<  *berasa gak dianggap sahabat).
   Berita percintaan merekapun baru saya dengar dari sahabat yang satu lagi yaitu Karunia(*Wakilku baik di Osis atau di Geng),tanpa pikir panjang sayapun juga ingin mengenal yang namanya Titis meski awalnya kesal, karena dia bersama gengnya sempat mencorat-coret bangku saya dan memusuhi saya karena dikira naksir sama Bayu,Tapi yang namanya pacarnya sahabatnya berarti teman saya juga ^_^.
   Akhirnya Bayu meminta saya untuk mengambilkan buku pelajarannya di Titis,untuk dapat memulai perkenalan dengannya.Namun,maksud hati menanam bunga Mawar malah bunga Bangkai yang mekar seperti itulah ekspresi dingin dari Unni.
  Tidak lama setelah itu muncul kabar bahwa hubungan mereka telah usai,kabar itupun saya dapati lagi dari Karunia(*Bakat jadi penyiar Incert nehh `_@) dan yang menegjutkan lagi putusnya karena saya,Hahh?? apa gak toengg tuh jantung saya.Setelah di konfirmasi sama Bayu enggak ternyata ehheehhehh..*Lega..^.^
  Tapi masih banyak teman di sekolah yang mengira ini karena saya dan banyak yang mengkaitkan dengan kecemburuan Titis terhadap saya.Padahal,ketika kelas 2 intensitas saya bertemu Bayu lebih rendah dari pada dengan Karunia atau sebut saja Nyak lah.Harusnya para gosipers itu lebih memakai logika dari pada bualan di kelas 2 itu sangat sulit dan jarang buat saya untuk berinteraksi dengan siswa biasa(non-OSIS) karena lebih sering diluar sekolah dan mengerjakan tugas OSIS sebagai ketua OSIS.
   Cerita berlanjut ke kelas 3,kali ini saya tidak lagi sekelas dengan Bayu.Tapi sekelas dengan Titis sungguh mengecewakan."Bahaya ini bisa jadi PD III"Pikir Saya..
    Saya cukup khawatir keababilan Titis membuatnya meledak-ledak dikelas,tapi rencana Allah memang betul indah.Pada awalnya Titis sedikit dingin,mungkin karena masih belum bisa Move-on dari Bayu,tapi setelah satu semester kami mulai penuh dengan kegiatan berkelompok bersama dan mulai bicara dari hati ke hati dan saya rasa permusuhan dianatara kami ini ada pihak - pihak tertentu yang memanfaatkanya.
Akhirnya kami mulai sering berkomunikasi sampai sekarang,bahkan kami saling panggil kakak-adik.Dan bahkan saya selalu berusaha jadi mak comblang mereka.
     Tapi Oppa saya itu,sudah tiadak berkeinginan untuk memulai suatu hubungan sampai sarjana nanti.
Semoga Titis diberi kesabaran menanti durian runtuh dari FTP(Fakultas Teknologi Pertanian)*kampusnya Bayu
dan cepat di ikhlaskan hatinya kalau memang sudah melambaikan tangan ke kamera ^_^
      Dan semoga sebaliknya dengan Oppa,tapi saya sama Oppa memang keluarga ya ^_^ *Kapook pernah jadian,sarjana dulu boss..

     

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Kenali Level Galaumu

            Pembaca tentunya tidak asing lagi dengan istilah di atas,yang mungkin saja dapat di temui dimanapun kapanpun dan tentunya telah menjadi trend dunia remaja saat ini..Tapi apa sih sebenarnya arti GALAU itu sendiri?????
     Galau adalah suatu perasaan yang menekan saraf sadar kita untuk merasakan dan menyimpan suatu hal di dalam pikiran yang dapat di aplikasikan melalui tindakan secara sadar maupun tidak sadar.


Tapi tahukah pembaca bahwa GALAU itu punya level,seperti apa sih tingkat kegalauan pembaca dapat di simak berdasarkan penjelasan admin berikut:
     

  1. GAMPANGAN(Galau Mencari Pasangan)
            Ini biasanya di alami oleh remaja yang sedang dalam status sendiri,dan mereka terkesan gampangan pula mengumbar kelebihan diri serta menunjukkan perhatian dan kasih sayang pada banyak target,sehingga merujuk pada kasus lain yang juga sedang in yaitu PHP(pemberi harapan palsu)

    2.GARUT(Galau Rutin)
          Ini biasanya terjadi pada remaja yang kesehariaanya di barengi dengan Galau dan selalu di show up kan melalu SN(social network) yang mereka miliki namun terkadang ada pula yang di pendam karena individunya bersifat Introvert.

    3.GATRA(Galau Tragis)
         Istilah yang mungkin pas untuk jenis galau ini adalah sudah jatuh tertimpa tangga,karena level ini merupakan level akut dan kronis.misalnya:pembaca sedang PDKT dengan target,eh pas di Tembak di putusin plus mikirnya 3 bulan di tambah lagi kita sudah keluar banyak duit untuk dapetin hatinya.

   4.GARING(Galau Ringan)
       Ini adalah galau paling umum,biasanya di alami remaja yang mendekati MALMING(malam minggu) tidak ada pasangan,

   Nah,seperti biasa pula Drm.Ayu Wulandari akan memberi solusi bagi para remaja yang mengalami sakit psikis dan sosial ini dengan berusaha menyelesaikan permasalahan kegalaun itu satu persatu...
  seperti apa????
Misalnya :Reader sedang Galau karena tidak punya uang maka untuk menghindari galau ini,anda perlu berwirausaha untuk dapat uang.Seperti halnya dengan masalah asmara kenali dulu target anda dan juga kenali potensi anda untuk memikat sang target....
   Yang terakhir adalah Reader GALAU itu datangya dari pikiran dan perasaan kita sendiri untuk menyembuhkannya anda hanya perlu berfokus untuk menyelesaikan perkara anda satu persatu dan tentunya seoptimal yang anda bisa ...^_^/ cayooo berantas GALAUmu...


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

SOSKES

Dedikasi Untuk FKM'ers Mata Kuliah Sosiologi Kesehatan
GENDER DALAM BIDANG KESEHATAN

A.Mengenal Gender dan Jenis Kelamin
  1.    Gender                : Sifat,perilaku ,posisi,peran dan tanggungjawab yang melekat pada kaum laki-laki dan perempuan yang di hasilkan dari konstruksi sosial maupun kultural
  2.  Jenis Kelamin (Sex) :  Pembagian Jenis kelamin,laki-laki dan perempuan yang di tentukan secara biologis oleh kuasa Tuhan.   
  • Gender :Dapat berubah,Buatan Manusia,dapat dipertukarkan,tidak berlaku sepanjang masa,tergantung budaya dan dimana Individu itu tinggal. 
  • Sex      :Tidak dapat diubah,Kodrat Tuhan,tidak dapat dipertukarkan,berlaku universal,tidak bergantung masa.
B.Kesetaraan Gender
  • Memperoleh akses sama atas hak-hak dasar
  • Turut Berpartisipasi dalam proses pencapaian hak-hak dasar dan sumber daya pembangunan
  • Memiliki Kontrol yang sama atas pembangunan sumber daya
  • Memperoleh manfaat sama dari hasil pembangunan
C.Ketidakadilan Gender
      Ketidakadilan gender dapat diukur dari beberapa faktor berikut:
  • Sterotype (Pelabelan/Pencitraan diri)
              Label bahwa wanita adalah mahluk tuhan yang cenggeng,lemah,irasional dan emosional dan laki-laki adalah pekerja utama di dalam rumah tangga
  • Violence (Kekerasan)
            Kekerasan yang terjadi antara suami ke Istri(Istri di tampar,di caci-maki)atau Istri ke suami (suami di rendahkan karena gaji kecil) dan biasa dikenal dengan KDRT
  • Double Burden(Beban Ganda)
           Peran,serta tanggungjawab ganda yang diterima satu jenis sex dan dirasa lebih berat dari jenis sex yang satunya,misalnya :Singgle parents(berperan jadi Ayah sekaligus Ibu atau sebaliknya)
  • Marjinalisasi(Suatu proses peminggiran akibat perbedaan sex)
         Wanita sering dianggap lemah dengan tidak atau kecilnya prosentase wanita dalam posisi pengambilan keputusan yang penting
  • Subordinasi(Anggapan bahwa suatu peran yang ada pada satu jenis sex itu rendah)
           Misal:Guru TK,buruh pabrik,ibu rumah tangga di anggap profesi yang rendah.

       

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS